Teguran untuk As Subki

9 Mar

Al Imam Ad Dzahabi telah menulis sebuah surat teguran kepada (Taqiyuddin) As subki karena ia mencela Ibnu Taimiyah. Kemudian Ia menjawab surat tersebut dengan puji-pujian kepada Ibnu Taimiyah.
Kejadian ini terekam dalam kitab Durarul Kaminah karya Ibnu Hajar ketika membahas Biografi Ibnu Taimiyah ,Raddul Waafir ketika Membahas tentang Pujian Assubki dan juga dalam Dzail Alat thbaqatul Hanabilah Oleh Ibnu Rajab Al Hambali dengan riwayat yang mirip.

Ibnu Hajar menuturkan:

“Ad Dzahabi telah menulis sebuah surat kepada As Subki dan mencelanya karena ia membicarakan (mencela, red) ibnu Taimiyah., Maka As Subki Menjawab surat tersebut. Sebagian isi surat tersebut adalah:

Adapun perkataan (engkau, red) tuanku terkait Ibnu Taimiyah, maka Hamba memastikan ketinggian derajatnya, melimpah bak lautan, keluasannya dalam Ilmu-ilmu Naqli dan Aqli, kecerdasanya dan kesungguhannya yang ekstrim, dan pencapaiannya yang telah melewati sesuatul yang bisa digambarkan . Hamba selalu mengatakan demikian. Kedudukannya disisiku bahkan lebih besar dan lebih tinggi dari itu. Karena Allah telah mengumpulkan zuhud, wara, dan kerelijiusan baginya.
Membela kebenaran bukan untuk tujuan selain Allah, Bertindak sesuai sunnah salaf, dan mengambil sunnah mereka dengan bagian yang memadai. Sangat Sedikit yang mirip dengannya pada Zaman Ini bahkan sepanjang masa”.

Bahkan dalam kitab Raddul Wafir disebutkan pernyataan yang amat menyentuh dari Taqiyuddin As Subki kepada Ibnu Taimiyah.
Beliau menuturkan:
ما يبغض ابن تيمية إلا جاهل أو صاحب هوى فالجاهل لا يدري ما يقول وصاحب الهوى يصده هواه عن الحق بعد معرفته به
“Tidaklah membenci Ibnu Taimiyah kecuali seorang yang bodoh atau pengekor hawa nafsu, orang yang bodoh tidak mengetahui apa yang dia katakan, adapun pengekor hawa nafsu maka hawa nafsunya telah menghalanginya dari kebenaran setelah dia mengetahuinya”.

 

Adapun anak beliau Yang bernama Tajuddin Assubki memiliki cerita lain terkait pendapat-pendapatnya tentang Ibnu Taimiyah.

Salah Satu riwayat yang mengesankan kebaikan terkait Ibnu Taimiyah yang bisa diambil darinya adalah Pengakuannya bahwa Al Mizzi pengarang Tahdzibul kamal hanya memberikan gelar Syaikhul Islam Kepada Ibnu Taimiyah dan Ayahnya Taqiyuddin As Subki.

Adapun komentar-komentar pedas bernada celaan, penyesatan, dan bahkan Pengkafiran terhadap Ibnu Taimiyah, telah banyak tersebar melalui riwayat-riwayat pengikutnya yang amat membenci ibnu Taimiyah.

Tak Pelak, celaannya terhadap Ibnu Taimiyah menuai pembalasan pedas dari para Ulama yang tidak sepaham dengannya.

As Sakhawi berkata dalam kitabnya I’lanut taubih bahwa dia adalah orang yang Taasshub, bahkan Ia mengutip Al Kinani yang mengatakan bahwa Tajuddin Assubki adalah orang yang Kurang Adab, tidak Insyaf, dan bodoh dengan ahli Sunnah serta kedudukan mereka.

Berikut kutipan dari I’lanut Taubih

Semoga Bermanfaat

7 Responses to “Teguran untuk As Subki”

  1. Nugon April 6, 2010 at 12:14 pm #

    Artikel yg bagus & memberikan pencerahan.

    Mhn diinfokan pula secara apa yg menjadi polemik 2 Syaikhul Islam tsb – Taqiyuddin as-Subki & Ibnu Taimiyyah.

    Mhn juga artikel dan info utk para Syaikhul Islam yg lain, sesuai judul blog ini🙂

    Thanks, Wassalam,

    Nugon

    • dobdob April 7, 2010 at 1:09 am #

      Secara garis besar Ikhtilaf mereka adalah tentang pilihan Aqidah dimana As Subki memilih Aqidah Asy ‘Ariyah dan mengklaim bahwa Aqidah tersebut termasuk Ahlussunnah waljamaah sedangkan Ibnu taimiyah memilih beraqidah Ahlussunnah dan menyatakan dengan tegas bahwa ada perbedaan antara Ahlussunnah dan Asy’ariyah, namun begitu Asy’ariyahlah yang lebih dekat kepada Ahlussunnah.

      Blog ini saya dedikasikan untuk Ibnu taimiyah bukan yang lainnya sedangkan tulisannya telah saya infakkan kepada siapapun yang mau mengambilnya dengan syarat menyebutkan sumber penukilan untuk kepentingan kritik, koreksi, dan dialog jika tulisan tersebut bermasalah.

      Saya doakan semoga Allah memuliakan siapapun yang mengkoreksi kesalahan yang sangat mungkin terjadi dalam artikel-artikel blog ini.

      • Nugon April 7, 2010 at 10:43 am #

        Ok Mas Dobdob, Thanks berat atas tanggapannya.
        Jazaakalloohu Khoiron Katsiiron.
        Thanks atas pemberian informasi yg sangat menarik dan berharga terkait Ibnu Taimiyyah.

        Wassalam,

        Nugon

  2. Aulia Rahman September 17, 2010 at 2:18 pm #

    semoga Allah menambah ilmu anda Mas dobdob

  3. abu abdillah April 20, 2012 at 4:04 pm #

    penulis wahabi itu jelas salah dgn menyebutkan bahwa itu perkataan Taqyuddin As subki ,karena assubki yang di maksud dalam rfrnsi kitab di atas adalah baha’uddin as subki bukan Taqyuddin as subki, sedangkan Imam besar pembela madhab asyariyah dan menentang ibn taemiyyah adalah taqyuddin assubki yang banyak mengarang kitab bantahan terhadap ibnu taemiyah seperti kitab beliau yg bernama durrotul mudliyah fi roddi ala ibni taemiyyah dll, jadi itu beda orangnya, lihat saja dalam textnya juga jelas di sebutkan:

    قال الإمام بهاء الدين السبكي : (والله ما يبغض ابن تيمية إلا جاهل أو صاحب هوى ، فالجاهل : لا يدري ما يقول ، وصاحب الهوى يصدُّه هواه عن الحق بعد معرفته به

    : BERKATA IMAM BAHAUDDIN ASSUBKI:“Tidaklah membenci Ibnu Taimiyah kecuali seorang yang bodoh atau pengekor hawa nafsu, orang yang bodoh tidak mengetahui apa yang dia katakan, adapun pengekor hawa nafsu maka hawa nafsunya telah menghalanginya dari kebenaran setelah dia mengetahuinya”.

    coba baca yang cermat tulisannya…!! TU KAN BAHA’UDDIN ASSUBKI…..!!

    JUGA baca dalam kitab risalah zakiyah karya syaikh mar’i bin yusuf alhambali:

    ولقد أنصف العلامة الإمام قاضي قضاة الإسلام بهاء الدين بن السبكي حيث يقول لبعض من ذكر له الكلام في ابن تيمية فقال:والله يا فلان ما يبغض ابن تيمية إلا جاهل أو صاحب هوى فالجاهل لا يدري ما يقول وصاحب الهوى يصده هواه عن الحق بعد معرفته به.

    coba baca yang cermat tulisan yg merah…!! TU KAN BAHA’UDDIN ASSUBKI juga…..!!

    Dan adapun yang tertulis dalam kitab roddul wafir juga adalah demikian:

    ولقد صدق العلامة الامام قاضي قضاة الاسلام بهاء الدين ابو البقاء محمد بن عبد البر بن يحيى السبكي الشافعي رحمه الله حيث يقول لبعض من ذكر له الكلام في ابن تيمية فقال :

    والله يا فلان ما يبغض ابن تيمية إلا جاهل أو صاحب هوى ؛ فالجاهل لا يدري ما يقول ، وصاحب الهوى يصده هواه عن الحق بعد معرفته به.)انتهى.

    Lihat text merah….itu tertulis bahauddin assubki..bukan taqyuddin assubki…!!!

    • dobdob May 4, 2012 at 10:30 am #

      terimakasih atas koreksinya. semoga ini dicatat sebagai tambahan kebaikan diakherat kelak.
      semoga Allah memuliakan anda.
      selanjutnya, -jika anda berkenan- silahkan membaca tulisan saya dan memberikan koreksi jika ada kesalahan.

      sekali lagi terimakasih

  4. abunaidzah October 29, 2012 at 9:47 am #

    Yang dibicarakan tentang Pujian tersebut memang adalah dari Taqiyudin as Subki, Baha’uddin As Subki sendiri adalah anak dari Taqiyuddin as Subki dan kakak dari Tajuddin as Subki. Surat adz-Dzahabi kepada Taqiyuddin As Subki dan balasan dari Taqiyuddin as Subki ini juga terekam oleh Ibn Hajar al-Asqolani dalam Durar al-Kamina-nya.

    Yang hidup sezaman dengan Ibn Taimiyyah pula adalah Taqiyuddin as-Subki, sedang Baha’uddin As Subki sendiri ketika Ibn Taimiyyah meninggal baru berusia 9 Tahun. (Baha’uddin lahir tahun 719 H, sedang Ibn Taimiyyah wafat 728 H).

    Orang sering salah mengalamatkan kecaman as-Subki terhadap Ibn Taimiyyah itu kepada Taqiyuddin as-Subki, padahal dari “trah” as-Subki yang terkenal “permusuhannya” atas diri ibn Taimiyyah itu adalah hanyalah Tajuddin As-Subki (Lahir ditahun kematian Ibn Taimiyyah, 728 H). Nah, dari as-Subki inilah kecaman atas diri ibn Taimiyyah berasal. “Permusuhan” Tajuddin as-Subki tersebut tidak hanya atas diri Ibn Taimiyyah tapi juga terhadap Guru-nya sendiri yakni Adz-Dzahabi, sampai sampai Hafidz al Shakawi mengecam sikap Tajuddin as-Subki tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: